Dalam rangka melaksanakan Program Ketahanan Pangan K3 (Kolam, Kebun, dan Kandang) yang merupakan amanat wajib dari pemerintah pusat, Desa Cranggang melaksanakan Study Banding ke salah satu Peternak Kambing sukses yang ada di Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal.

Peternakan dengan nama Cahaya Sejahtera Farm ini berlokasi di  Rt.01 Rw.04 Desa Ngarianak Kecamatan Singorojo ini mempunyai puluhan Peternak dampingan di seluruh kabupaten Kendal dan Batang. Dengan kapasitas ribuan kambing berbagai jenis yg tersebar di anggota klasternya, Cahaya Sejahtera Farm ini bergerak dari mulai penggemukan, pengembangbiakan (breeding) maupun pemerahan kambing untuk diambil susunya.

     

Kambing dijual baik berupa bibit, kambing qurban, maupun karkas atau daging kambing siap olah. untuk susu kambingnya, dimanfaatkan untuk minuman siap saji, campuran minum kopi maupun diolah menjadi sabun kecantikan.

Program Ketahanan Pangan budidaya kambing ini dipilih untuk diadopsi oleh Pemdes Cranggang karena dipandang mudah diaplikasikan dengan komoditas pakan yangg cukup melimpah dan serapan pasar yang mudah.

Categories:

Tags:

Bagikan ke Media Sosial